Olahraga Zumba Kids Dengan Beragam Manfaat

Menjalani olahraga sebaiknya tidak terlalu lama, namun dengan intensitas rutin terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Olahraga bukan hanya untuk orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga harus menjalankan olahraga. Salah satunya Olahraga Zumba Kids, selama sekolah masih menjalankan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, orang tua bisa mengajak anak-anak bergerak aktif dengan berolahraga ini.

Manfaat Olahraga Zumba Kids

Sistya Windasar, selaku Zumba Instructor Network atau ZIN menyatakan bahwa, Olahraga Zumba Kids adalah latihan zumba yang dipersiapkan bagi anak-anak. Adanya konsep juga gerakan seperti zumba umumnya. Music yang digunakan adalah music latin dan teknik olahraganya sama. Hal yang membedakan adalah bakal terdapat sisipan permainan, tambahan kegiatan, juga eksplorasi budaya pada setiap kelas. Keseluruhan dari sesi latihan dapat menyenangkan hal ini agar anak tidak cepat bosan. 

Kelas Olahraga Zumba Kids sebenarnya didesain bagi anak usia 7 hingga 11 tahun, sebab mereka telah bisa mengikuti berbagai gerakan dengan baik. namun, anak dengan usia dibawahnya bisa tetap ikut supaya mendorong lebih bergerak aktif. Kelas zumba Kids biasanya selama 30 hingga 45 menit dengan intensitas medium to low. Melihat keadaan saat ini, seluruh latihan bisa dijalankan dengan virtual dan harus selalu didampingi oleh orang tua. 

Finandita Utari seorang Psikologi, menyatakan bahwa melihat gerakan Zumba Kids yang begitu aktif dan non-stop cardio memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Menjalankan olahraga ini bukan hanya menyehatkan buku saja, namun dalam kenyataannya anak harus bisa mengikuti instruksi, dengan irama juga tempo yang sebaiknya disesuaikan dan ada juga unsur kerja sama. 

Manfaat Olahraga Zumba Kids juga sering berkaitan dengan bertambahkan kecerdasan kinestetik, motorik anak, dan emosional pada anak. sebab setiap pergerakan dalam Zumba Kids merupakan koordinasi mata tangan dan ini sangat baik untuk dilakukan anak-anak. 

Selain itu menjalankan Zumba Kids, anak akan lebih terstimulasi kesadaran akan budaya, daya ingat, rasa percaya diri, menghargai, juga kerja sama satu tim.  Sebuah perkembangan dalam diri, di samping pergerakan yang aktif.

Pokerace99 juga menjelaskan, anak di bawah 5 tahun mempunyai karakter yang cepat bosan, Hal ini disarankan memakai variasi pada gerakan secara berulang. Contohnya, tiga gerakan terdahulu dan jangan dulu ditambah hingga anak bisa menguasainya. Setiap aturan yang ada pada olahraga ini untuk anak-anak selamanya tidak baku. Anak dibiarkan bisa lebih adaptif, sehingga mereka bisa mengikuti berbagai gerakan, setelah itu gerakan bisa ditambah. 

Supaya anda sebagai orang tua semakin yakin dengan manfaat Zumba Kids yang bisa dijalankan oleh anak-anak, antaranya manfaat yang bisa dirasakan adalah :

  1. Pikiran anak menjadi lebih tajam
  2. Meningkatkan koordinasi seluruh anggota tubuh pada anak. 
  3. Menambah massa otot juga kepadatan tulang pada anak. 
  4. Mendorong bertambahkan motivasi serta semangat hidup pada anak/ 
  5. Minim dari resiko cidera pada anak. 

Setiap olahraga atau kegiatan apapun sebaiknya orang tua selalu mendampingi anaknya supaya mereka bisa berlatih dengan baik tanpa adanya resiko berat yang dirasakan. Sebab, anak-anak merupakan usia yang sedang senang-senangnya bergerak aktif, jika orang tua tidak ikut andil dalam kegiatan anak kemungkinan besar anak akan mengalami cedera. Meski kegiatan yang dilakukan sebenarnya kegiatan ringan yang tidak rentan dari risiko cedera. 

Semoga olahraga Zumba Kids tersebut bisa menjadi inspirasi mengambangkan keaktifan gerak anak selama masa di rumah saja. Sehingga kekompakan anak dengan orang tua akan semakin erat dan selalu terjaga.